Espresso Cara Cepat Menikmati Kopi Bagi Para Pekerja

Espresso: Cara Cepat Menikmati Kopi Bagi Para Pekerja

Espresso: Cara Cepat Menikmati Kopi Bagi Para Pekerja – Memahas tentang kopi memang seperti tidak ada ujungnya. Apalagi pada akhir-akhir ini sangat populer di kalangan anak muda, yaitu sebuah lifestyle ningkrong dan ngopi di cafe-cafe. Mungkin kita yang sering nongkrong di cafe juga sangat familiar dengan kata senja. Selain sebagai lifestyle dan prestis, kopi dan cafe berkembang menjadi sesuatu yang sangat dekat dengan bentuk estetika tertentu. Kata senja yang disandingkan dengan kopi, yaitu senja dan kopi, mewakili perasaan atau sensasi tertentu yang sangat puitis bagi sebagian para penikmat kopi di indonesia pada khususnya. Tapi bagaimana sih sebenarnya kopi itu sampai pada perkembangan yang begitu beragam dan unik itu?

Banyak yang menyebutkan bahwa tanaman kopi pertama kali tumbuh dan ditanam secara tradisional di dataran ethiopia di benua afrika sana. Kemudian oleh para pedagang arab dijadikan komoditas dan disebarkan di seluruh penjuru dunia. Waktu itu kopi menjadi komoditas yang sangat menguntungkan, sehingga timbul monopoli oleh para pedagang arab. Namun pada akhirnya, hegemoni pedagang arab mulai surut ketika bangsa-bangsa eropa mulai berhasil memproduksi kopi sendiri melalui perkebunan yang mereka bangun di tanah jajahan mereka. Dari semua bangsa di dunia yang memiliki tradisi meminum kopi, mungkin italia adalah negara yang memiliki tradisi unik dan cerita tersendiri tentang kopi. Sampai sekarang pun masih terasa hegemoni mereka atas minuman kopi hingga pengaruh cara menikmatinya di seluruh dunia.

Jika kalian mengenal istilah jenis-jenis minuman kopi, seperti espresso, machiato, americano, cappucino, dan sebagainya, itu adalah istilah-istilah yang menggunakan gaya berbahasa bangsa italia. Perhatikan saja akhiran dari setiap nama jenis kopi itu, atau coba ucapkan saja satu persatu, maka kalian akan merasakan aksen italia yang sangat kental. Namun dari semua jenis kopi itu, yang paling memiliki cerita unik adalah kopi espresso. Jenis kopi ini dalam sejarahnya tidak hanya berkutat pada seni kuliner dan soal cita rasa saja, tetapi juga memiliki kaitan erat dengan para pekerja di italia pada masa abad 18 dan 19 lalu.

Pada masa itu, oranng italia meminum kopi karena dipercaya dapat menambah energi dan stamina saat bekerja. Maka ebiasaan mereka adalah meminum kopi pada pagi hingga siang hari. Berbeda dengan tradisi yang berembang di sebagian orang indonesia yang meminum kopi di malam hari untuk menahan kantuk, di italia malah sebaliknya. Bagi mereka meminum kopi setelah jam 12 siang dianggap sebagai hal yang aneh, bahkan tabu. Kemudian di akhir abad ke 18, dunia industri mulai berkembang. Para pekerja italia yang sebelumnya menyempatkan waktu di pagi hari untuk membeli kopi di kedai-kedai perlahan-lahan menjadi tidak sempat lagi karena padatnya jam kerja mereka. Kedai-kedai kopi mengalami kewalahan melayani atria para pekerja di pagi hari, karena saat itu pembuatan segelas kopi membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Cara Cepat Menikmati Kopi Bagi Para Pekerja

Dari kondisi seperti itu, timbul ide untuk menyiasati waktu penyeduhan kopi. Kemudian muncul seseorang bernama antoni moriondo dengan mesin uap pembuat kopinya yang sekarang kita kenal sebagai mesin espresso. Dimana penyeduhan kopi menjadi lebih cepat, dengan takaran penyajian yang lebih sedikit namun lebih kaya kandungan kopinya, sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan para pekerja yang memiliki waktu luang yang singkat. Seiring berjalannya waktu, espresso berkembang kedalam variasi yang bermacam-macam, seperti machiato, cappucino, americano, dan kopi latte. Dan semua juga bisa di pesan secara online melalui situs multibet88.online.sehingga anda bisa menghemat waktu anda.

Leave a Comment