Berbagai Cara Minum Espresso Versi Orang Italia

Mengapa harus italia? Ya, tidak lain karena espresso sendiri berasal dari italia. Orang italia memang terkenal dengan hobinya terhadap kopi. Bagi orang italia, kopi sudah menjadi tradisi dan minuman wajid turun temurun yang harus dinikmati. Bahkan minum kopi pun harus sesuai aturan. Wah, baru tau kan ada tutorial minum kopi? Berikut akan dibahas beberapa cara orang italia menikmati espresso.
Pertama, konsumen harus tahu dan memahami betul apa itu espresso. Mulai dari cara kopi diseduh akan menentukan hasil dari rasa kopi itu sendiri.

Kita tahu bahwa proses pembuatan kopi yang berbeda sedikit saja hasilnya akan berbeda pula. Manual brew seperti pour over, cafe press, atau vacuum pot berbeda rasa dengan espresso karena dalam pembuatannya espresso menggunakan tekanan 132 pon per persegi untuk ekstraksi biji kopi. Seorang italia tulen mengatatakan bahwa espresso yang baik, memiliki ciri rasa yang tidak terlalu pahit dan tidak berefek jantung berdebar.

Cara selanjutnya, minum dengan cepat espressomu. Espresso biasa disajikan dalam 1 hot berukuran 30-50 ml. Menurut orang italia, espresso ideal dinikmati bersama dengan crema yang masih utuh diatas kopi. Hal ini karena crema adalah wujud emulsi dari minyak kopi dan berfungsi melapisis espresso sehingga aromanya tetap terjaga. Akan tetapi crema itu akan cepat hilang ketika telah disajikan. Maka dari itu, orang italia mengatakan untuk cepat teguk kopimu suapaya crema diatas kopi dapat seutuhnya kamu minum. Unik sekali bukan?

Cara lain minum espresso versi italia yaitu jangan minum espresso jika tidak ada crema diatasnya. Ya, crema diidentikkan dengan kesegaran dari espresso yang diminum. Jika kopi espresso disajikan tanpa adanya crema, kesegarannya akan berkurang pula, maka tolaklah kopi espresso tersebut jika cremanya tidak ada. Cara minum yang keempat yaitu, pesanlah espresso di bar. Tentu italia masih bagian dari negara barat yang penuh dengan bar-bar. Jadi, bar bukan suatu yang tabu. Ketika di bar, pesanlah espresso langsung di depan dan teguk langsung.

Orang italia sangat jarang minum espresso sambil duduk dan nyantai di atas kursi seperti budaya kita di indonesia yaitu bermain judi online http://citibetqq.com sambil menikmati hidangan kopi. Terakhir, espresso merupakan gaya hidup bukan event khusus. Apabila kamu memesan espresso di italia pada pagi hari, kamu tidak bisa memaksa barista-nya menyiapkannya dengan cepat. Alasannya karena espresso di italia sudah bukan lagi event khusus tetapi sebuah gaya hidup yang setiap orang pasti melakukannya. Jadi, ketika barista kurang cepat dalam menanggapi pesananmu, wajar aja bukan? Ingat, jangan pernah menambahkan susu pada espressomu, karena tidak lagi espresso namanya, tetapi espresso macchiato.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *