Seluk Beluk Kopi Espresso

Kopi espresso merupakan kopi yang dibuat dengan mengekstraksi biji kopi menggunakan uap panas pada tekanan tinggi. Biji kopi yang digunakan untuk membuat kopi biasa dan espresso biasanya berasal dari jenis yang sama. Hanya saja perbedaannya terletak pada proses penggilingan, penyeduhan, dan pemanggangan biji kopi.

Sebelum diolah menjadi secangkir kopi atau espresso, biji kopi yang sudah dikeringkan lalu dipanggang terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mematangkan biji tersebut. Biji yang dipakai untuk kopi biasa umumnya dipanggang selama 30 menit hingga 1 jam tergantung kapasitasnya. Namun untuk biji kopi yang akan diolah menjadi espresso harus dipanggang lebih lama lagi untuk membuat biji kopi lebih gelap dan memberi rasa yang lebih kuat. Biji kopi yang digunakan untuk membuat espresso kehalusannya lebih bagus daripada yang digunakan untuk membuat kopi biasa.

Kopi espresso selalu disajikan dalam takaran yang disebut shot dengan volume sekitar 30 – 45 ml. Penyajian biasanya dilakukan dalam ukuran doubleshots yang setara dengan 60 – 90 ml. Espresso diseduh dengan memasukkan sejumlah kecil air yang sangat panas dan bertekanan tinggi melalui penggiling biji kopi.

Kopi espresso diseduh dalam waktu singkat (20-30 detik) kemudian cairan kopi kental berwarna coklat tua dipisahkan dari ampas kopi.Karena proses penyeduhnya kurang dari setengah menit, sehingga dianggap sebagai salah satu metode paling mudah dalam menyeduh kopi. Setalah itu, cairan kopi kental berwarna coklat tua dipisahkan dari ampas kopi.Cairan kopi kental ini ketika dituangkan dalam sebuah wadah, memiliki sejumlah kecil buih di atasnya.

Kopi espresso dihasilkan jauh lebih pekat dan lebih kental dibanding kopi biasa. Espresso shot memiliki tekstur kental dengan lapisan creamy di atasnya. Sebuah espresso shot sangat terkonsentrasi dan memiliki rasa kuat dan intens. Jumlah kafein dalam espresso lebih tinggi per satuan volume dibandingkan dengan kopi biasa. Satu cangkir kopi reguler dengan volume 240 ml mengandung total 95 sampai 200 mg kafein. Dosis kafein lebih terkonsentrasi dalam espresso dapat menyebabkan jantung berdebar-debar dan kegelisahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *