Kopi Espresso, Penemuan Mesin Uap Dan Nasibnya Kini

Kopi Espresso, Penemuan Mesin Uap Dan Nasibnya Kini

Kopi Espresso, Penemuan Mesin Uap Dan Nasibnya Kini – kopi merupakan minuman yang telah mendunia dan memiliki sejarah yang panjang. sekarang mungkin terdapat ratusan atau bahkan ribuan jenis kopi yang tersebar di seluruh penjuru dunia. di Indonesia sendiri, kopi merupakan tren yang dalam beberapa tahun belakangan menjadi sangat populer, terutama ketika muncul sebuah film tentag kopi yang berjudul ‘Filosofi Kopi”. film ini menampilkan kehidupan barista, petani kopi, dan para penikmatnya. film ini terbilang cukup sukses di bioskop-bioskop seluruh indonesia dan menjadi perbincangan hangat hingga saat ini di kalangan pecinta kopi.

Jika kita telisik, ada hal menarik yang terjadi di kalangan para pecinta kopi ini. hal menarik itu adalah terdapat semacam “pertengkaran” yang ditengarai oleh perbedaan pandangan di antara mereka. perbedaan pandangan tersebut minimal adalah mengenai dua hal yang saling berhubungan, yaitu mengenai kopi itu sendiri dan cara menikmatinya. terlepas dari perbedaan itu, kopi sekarang makin diminati oleh berbagai kalangan. kedai-kedai kopi mengkat drastis jumlahnya. mereka berlomba-lomba menyediakan kopi yang enak dan tempat yang paling nyaman dan unik.

Sejarah kopi memiliki sejarah yang panjang. orang-orang dunia sudah mengenal kopi untuk dibuat minnuman sejak berabad-abad yang lalu. disebutkan bahwa awal mulanya tanaman kopi berasal dari benua Afrika, tepatnya di sebuah negara bernama Ethiopia. kemudian para pedagang Arab yang memanfaatkannya sebagai komoditas. sejak saat itu kopi digemari di seluruh dunia sampai sekarang.

Banyak cerita yang menyedihkan hingga cerita unik di sekitar kopi. misalnya, untuk menyaingi hegemoni pedagang Arab atas kopi, bangsa Eropa membuka perkebunan kopi di tanah jajahannya. para pribumi terjajah dipaksa mengerjakan perkebunan itu dengan tidak dibayar sama sekali. miris bukan? namun ada juga cerita yang unik dari kopi. cerita unik ini terjadi di Italia pada akhir abad ke 18 hingga awal abad ke 19. di sana setiap pagi selalu terdapat antrian panjang orang-orang di depan kedai-kedai yang menjual kopi. antrian ini biasanya didominasi oleh para pekerja yang memiliki waktu luang sedikit di pagi hari, karena mereka harus segera berangkat kerja.

Permasalahan tersebut lah yang menjadi cikal bakal munculnya jenis minuman kopi yang sangat terkenal, yakni espresso. Kemunculan espresso diperuntukkan untuk para konsumen pekerja, dimana espresso ini memiliki takaran lebih sedikit sehingga cepat bisa dihabiskan, namun memiliki kandungan kopi yang tinggi serta yang paling penting adalah proses pembuatannya tidak selama jika dibuat dengan cara lama. Hal tersebut bisa terjadi lantaran telah diciptakannya sebuah mesin bertenaga uap yang memiliki boiler besar. Mesin ini juga bernama mesin espresso, diambil dari kata Bahasa inggris “express” yang bermakna cepat. Mesin ini dapat menghasilkan air panas dengan tekanan tinggi yang disemburkan ke dalam bubuk kopi yang telah disiapkan. Proses inilah yang menjadikan kopi espresso berbeda dengan kopi yang lain.

Saat ini espresso berkembang menjadi berbagai macam varian. Diantaranya adalah jenis macchiato, cappuccino, americano, espresso con panna, dan latte art. Varian-varian baru ini rata-rata dicampur dengan bahan seperti susu dan krim. Tekniknya pun berbeda beda. Ada yang susunya diuapkan, ada yang dikocok. Yang paling unik mungkin adalah latte art, dimana pada penyajiannya terdapat gambar yang dibentuk dengan teknik menuang susu secara khusus pada permukaan kopi.

Nah kalian lebih pilih yang mana, espresso murni atau espresso yang sudah di kembangkan tersebut?

Leave a Comment