Cara Masa Kini Menikmati Espresso

Cara Masa Kini Menikmati Espresso

Kopi memang sedng tren dimna-mana. Namun tidak semua orang menyukai minuman dari biji kopi ini. Rasa yang pahit dan beberapa jenis ada yang sangat asam pada minuman kopi menjadi beberapa alasan untuk sebagian orang tidak bisa menikmati kopi. Orang yang tidak menyukai minuman kopi, pasti akan lebih tidak menyukai minuman espresso. Sebab boleh dikatakan bahwa espresso merupakan jenis penyeduhan kopi yang menghasilkan minuman kopi paling dahsyat. Dengan takaran air yang lebih sedikit dan bubuk kopi yang lebih dari rata-rata, espresso menjanjikan kandungan kopi yang sangat tinggi dan kedalaman rasa kopi itu sendiri dalam satu serapan saja. Di setiap hasil seduhan kopi espresso yang baik akan ada semacam buih berwarna coklat keemasan pada permukaannya, buih ini biasa disebut dengan crema. Sebagian orang Italia bahkan tidak akan meminum kopi espresso yang tidak terdapat cremanya karena mereka menganggap keberadaan crema sebagai salah satu tanda bahwa seduhan espresso tersebut berhasil.

Adapun penyeduhan espresso adalah menggunakan mesin khusus. Cara kerja mesin espresso adalah dengan menciptakan air mendidih yang bertekanan tinggi. Kemudian disemburkan ke bubuk kopi yang telah dimasukkan ke dalam mesin espresso. Air panas itu akan melewati bubuk kopi dan menghasilkan cairan kopi yang pekat dan kental. Mesin espresso ini awalnya dikembangkan pada awal abad ke 19, oleh antonio moriondo di Italia. Dimana pada waktu itu, kebutuhan konsumsi kopi oleh para pekerja Italia sangat tinggi, tetapi kedai-kedai kopi di sana pada waktu itu kewalahan memenuhi pesanan para pelanggannya, karena waktu penyeduhan sebelum menggunakan mesin espresso membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Dengan adanya mesin espresso masalah ini bisa diatasi. Namun mesin espresso awal tidak seperti yang kita kenal sekarang dengan bentuk yang lebih kecil dan menggunakan tenaga listrik sebagai penggerak mesinnya. Mesin espresso pada awal abad ke 19 menggunakan tenaga uap dan memiliki boiler yang besar.

Bagi yang tidak terlalu menyukai kopi atau baru saja berminat dengan minuman ini mungkin akan sedikit kesulitan membiasakan diri dengan rasa espresso yang begitu pekat dan dalam. Tetapi jangan khawatir, sebab kalian masih tetap bisa merasakan sensasi meminum espresso ala Italia dengan berbagai macam alternatif. Seperti kita tahu, sekarang sudah banyak variasi minuman kopi yang bebrbahan dasar espresso. Varian-varian ini banyak tersedia di kedai-kedai kopi yang ada, seperti cappucino, machiato, americano, dan espresso con panna. Minuman-minuman tersebut menggunakan campuran seperti susu dan krim, sehingga rasanya lebi dapat diterima oleh lidah yang masih belum terbiasa dengan espresso murni.

 

Menikmati Espresso

Varian cappucino merupakan espresso yang ditambahi dengan susu yang diuapkan dan susu yang berbuih. Machiato menggunakan susu berbuih yang ditambahkan di atas espresso. Sedangkan americano hanya menggunakan air putih untuk dituangkan ke dalam espresso. Sedangkan espresso con panna mengguanakan krim kocok yang ditambahkan ke atas espresso dan minuman ini sangat cocok untuk menemani waktu senggang anda sambil bermain game online di https://kongbet.net Kemudian ada caffe latte. Minuman ini menggunakan espresso yang ditambah dengan susu yang diuapkan hingga hampir memenuhi gelas atau cangir. Bahkan caffe latte belakangan ini sering dibubuhi dengan gambar yang dibentuk menggunakan teknik khusus saat menuang susu yang diuapkan. Kemudian teknik semacam itu mendorong munculnya istilah latte art, sebuah seni dalam secangkir kopi. Dengan berbagai varian tersebut, kita tidak lagi bingung untuk memesan kopi di kedai kopi.

Leave a Comment