Asal Usul Espresso

Pertama kali espresso dikembangkan di Italia sebagai negara penghasil rasa kopi yang sangat enak. Istilah espresso berasal dari Italia, di mana istilah ini pertama kali digunakan pada awal tahun 1900-an. Awal terciptanya espresso ditandai dengan ditemukannya mesin kopi yang dapat mengeluarkan uap dan air mendidih melalui kopi bubuk oleh Luigi Bezzera pada 1901.

Mesin tersebut memiliki bagian yang bernama PortaFilter dengan kegunaan sebagai filter kopi giling yang ditancapkan pada bagian yang bernama Head. Sedangkan proses pemasakannya sendiri terjadi di sebuah tempat yang bernama Grouphead dengan tekanan uap air yang mencapai temperatur 90-96°C. Mesin tersebut merupakan cikal bakal dari mesin espresso yang umum digunakan saat ini.

Apabila diterjemahkan secara bebas, maka arti dari espresso adalah ‘secangkir kopi yang diseduh secara ekspres hanya untuk Anda’. Sebuah istilah yang indah bagi para pencintakopi. Namun di berbagai negeri dan kebudayaan juga mengembangkan metode pembuatan minuman sejenis espresso. Misalnya di Indonesia, espresso dikenal juga sebagai kopi tubruk atau kopi yang tidak disaring.

Meski ada sedikit perbedaan meski cara ekstraksinya sama. Perbedaannya adalah kopi tubruk biasanya memiliki ampas.Espresso terus berkembang dan menjadi bagian penting dari banyak minuman popular seperti Latté, Cappuccino, Mocha dan lain sebagainya yang memang menjadikan espresso shots sebagai dasar dari minumannya.

Bagaimana rasa espresso? Bagi pencinta kopi sejati, mereka sangat menggemari espresso karena memiliki cita rasa kopi yang sebenarnya. Aroma kopi pada secangkir espresso sangat kuat dan harum. Espresso juga kaya akan rasa kopi. Karena pekat, espresso cenderung lebih kental dan lembut. Rasa dari espresso yaitu manis bercampur pahit.

Ada juga yang mengatakan manis seperti karamel.
Espresso biasanya disajikan pada cangkir yang kecil mengingat kepekatan kopi dalam secangkir espresso. Secangkir espresso biasanya hanya sekitar 40 mililiter. Dan cara penyajiannya yaitu langsung disajikan setelah dimasak dan biasanya dihidangkan bersama gula dalam cangkir kecil. Hal ini akan membuat aroma dan keharuman kopi benar-benar terasa nikmat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *